Sabtu, 03 Maret 2012

Pengaruh Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar Siswa

pertama-tama apakah itu prestasi belajar? Prestasi belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar, karena kegiatan belajar merupakan proses, sedangkan prestasi merupakan hasil dari proses belajar. Memahami pengertian prestasi belajar secara garis besar harus bertitik tolak kepada pengertian belajar itu sendiri.prestasi belajar merupakan tingkat kemanusiaan yang dimiliki siswa dalam menerima, menolak dan menilai informasi-informasi yang diperoleh dalam proses belajar mengajar. untuk meningkatkan prestasi belajar tersebut ada fakto-faktornya, salah satunya adalah lingkungan yang bersih. pada pembahasan ini saya akan menjelaskan tentang lingkungan bersih yang dapat mempengaruhi prestas
lingkungan bersih akan membawa kita kepada kenyamanan dalam melakukan aktivitas, begitu juga dengan aktivitas belajar yang biasa kita lakukan di sekolah. bila lingkungan kita bersih akan berdampak baik terhadap proses pembelajaran di dalam sekolah kita akan merasa nyaman untuk belajar pelajaran pun akan kita pahami.
Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Itulah slogan yang sering kita dengar selama ini. Maka kita harus selalu menjaga kebersihan dimanapun kita berada. Kebersihan juga penting bagi kesehatan kita, karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Demikian juga dengan lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah kita.lingkungan bersih akan membawa kita kepada kenyamanan dalam melakukan aktivitas, begitu juga dengan aktivitas belajar yang biasa kita lakukan di sekolah. bila lingkungan kita bersih akan berdampak baik terhadap proses pembelajaran di dalam sekolah kita akan merasa nyaman untuk belajar pelajaran pun akan kita pahami. Kegiatan belaja mengajar juga dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Konsentrasi dari otak tidak terlepas dari lingkungan. Jika lingkungan bersih, maka dapat meningkatkan konsentrasi kerja otak sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar. Begitu juga sebaliknya, jika lingkungan kotor maka dapat menurunkan konsentrasi kerja otak sehingga prestasi belajar akan menurun juga.
dengan begitu lama-lama siswa akan merasa bosan ataupun merasa tidak nyaman dengan lingkungan sekolah yang dapat mengganggu kelancaran belajar siswa. begitu pula dengan guru yang sedang memberi pelajaran ke anak didiknya juga kan merasa terganggu akan adanya lingkungan yang tidak bersih. dengan begitu siswa akan tidak mengerti dengan apa yang disampaikan oleh guru.
Lingkungan yang bersih akan berpengaruh terhadap kelancaran proses pembelajaran. ketika lingkungan sekolah kotor, banyak siswa yang sulit berkonsentrasi dalam menerima pelajaran, karena perhatian mereka akan tersedot pada pemandangan tersebut dan merasa tidak nyaman dan juga risih berada di tempat itu.
Lingkungan yang bersih bisa meningkatkan semangat siswa dalam belajar. Dan banyak para guru yang tidak menyukai pada lingkungan kotor, karena lingkungan yang kotor itu bisa mengurangi semangat guru dalam menyampaikan materi pembelajarannya.
Dan apalagi konsentrasi para anak didik mereka akan hilang, gara-gara sampah yang berserakan tidak pada tempatnya. Apalagi sampah itu sudah membusuk dan aromanya, sangat tidak mendukung terhadap konsentrasi para siswa. Maka dari itu perlu beberapa penanganan untuk mengatasi masalah tersebut.


http://savingmind.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar